Kamis, 23 September 2010

Catatan Kuliah 3

CATATAN KULIAH PERTEMUAN KE-3
Aliran Berpikir Filsafat I ( Aliran-aliran utama Metafisika)
I. Metafisika
Metafisika adalah salah satu cabang filsafat yang mencoba menjawab hakekat dari ada. Sesuatu itu dapat menjadi objek kajian bila sesuatu itu ada. Objek yang di telaah Metafisika tersebut adalah yang tidak terlihat pada satu perwujudan tertentu, yang membahas tentang yang ada secara universal, yaitu berusaha mencari inti yang dimuat setiap kenyataan yang meliputi segala realitas dalam semua bentuknya.
Dari pembahasannya memunculkan beberapa pandangan yang dikelompokkan dalam beberapa aliran berpikir, yaitu:
1.      Materialisme
2.      Idealisme
3.      Panteisme
4.      Agnostisisme
II. Materialisme
            REALITAS ada karena MATERI. Aliran yang mengatakan bahwa hakikat dari segala sesuatu yang ada itu adalah materi. Sesuatu yang ada (yaitu materi) hanya mungkin lahir dari yang ada. Alam semesta bekerja melalui mekanisme sendiri menggunakan materi-materi tersendiri. Tokoh-tokoh Materialisme adalah :
a.       Demokritos (460-370 SM)
b.      Thomas Hobbes (1588-1679)
c.       Isaac Newton (1642-1727)
Dan tokoh materialisme lainnya adalah karl marx (1818-1883), dengan teori konfliknya yang merupakan teori tanpa kelas. Menurut marx, sejarah digerakan oleh dialektika materi, perubahan ide karena perubahan materi. Dasar masyarakat adalah hubungan dialektik antara materi, ekonomi, dan social yang disebut Materialisme Dialektik.
III. Idealisme
REALITAS ada karena IDE, IDE itu adalah yang abadi sebagai REALITAS. Aliran ini menjawab kelemahan dari materialisme, yang mengatakan bahwa hakikat pengada itu justru rohani (spiritual). Rohani adalah dunia ide yang lebih hakiki dibanding materi. Tokoh nya antaralain adalah Immanuel Kant (1724-1804), dan Plato (428-347 SM) yang mengatakan bahwa Pasti ada realitas dibalik dunia materi, itulah “bentuk” (pola) yang abadi yaitu Ide.
Aliran Metafisika yang lain adalah Panteisme dan Agnostisisme. Panteisme adalah Aliran yang ingin mempersatukan antara materi dan ide, yang berpendapat bahwa hakikat pengada (kenyataan) dalam alam semesta ini terdiri dari dua sumber tersebut, yaitu materi dan rohani. Sedangkan Agnostisisme adalah Aliran yang merupakan pendapat para filsuf yang mengambil sikap skeptis, yaitu ragu atas setiap jawaban yang mungkin benar dan mungkin pula tidak. 

REFLEKSI
Salah satu aliran utama dalam filsafat, adalah metafisika, yang terdiri atas: Materialisme, yang intinya adalah realitas ada karena materi, dan idealisme, yang menyatakan, realitas  ada karena ide, ide, itu adalah yang abadi sebagai realitas. Selain keduanya, aliran metafisika yang lain adalah Panteisme yaitu, Aliran yang ingin mempersatukan antara materi dan ide, yang berpendapat bahwa hakikat pengada (kenyataan) dalam alam semesta ini terdiri dari dua sumber tersebut, yaitu materi dan rohani dan Agnostisisme yaitu, Aliran yang merupakan pendapat para filsuf yang mengambil sikap skeptis, yaitu ragu atas setiap jawaban yang mungkin benar dan mungkin pula tidak.
 

0 comments:

Posting Komentar